All for Joomla All for Webmasters

Kisahku / Tips

Tips Agar Anak Tidak Suka Jajan Sembarangan

"Mama pingin jajan, Ma!" terdengar suara teriakan Nana dari teras rumah saat Bu Joko sedang berada di ruang tamu. Ternyata anaknya melihat penjual makanan di depan rumah. Hari itu sudah ada tiga penjual makanan yang lewat dan selalu dipanggil oleh anaknya. Ketika dilarang, Nana merengek dan merajuk kepada ibunya. Hingga akhirnya Bu Joko terpaksa membiarkan anaknya membeli jajanan tersebut.

Orangtua pasti merasa kewalahan saat anak mulai suka jajan sembarangan. Selain tidak sehat, tentu hal itu juga mempunyai dampak buruk untuk psikologis si anak. Anak cenderung akan mempunyai sifat konsumtif dan boros.

Lalu bagaimana agar anak tidak sering jajan? Tips ini mungkin bisa membantu.

 

1. Membiasakan anak untuk sarapan

Sarapan adalah salah atau aktivitas yang sangat penting untuk anak.Pastikan untuk selalu mengajak anak sarapan. Hal ini akan membuat anak menjadi kenyang dan mencegah untuk jajan sembarangan. Pastikan untuk melakukan variasi menu sarapan setiap hari agar anak tidak bosan dan malas untuk sarapan.

 

2. Buatkan bekal saat pergi ke sekolah

Salah satu cara efektif untuk mencegah anak jajan sembarangan adalah dengan menyiapkan bekal untuk mereka bawa ke sekolah. Selain mengajarkan anak untuk berhemat, membawa bekal juga lebih sehat, karena makanan yang dia konsumsi lebih terjamin kesehatannya.Jangan lupa juga untuk memberi pengertian kepada si anak agar tidak membeli jajanan sembarangan.Sarankan anak untuk menabungkan uang jajannya.

 

3. Buatkan Makanan Ringan di Rumah

Kebanyakan anak menyukai makanan ringan yang dijual di jalan-jalan dan warung yang belum tentu terjaga kebersihannya.Untuk mencegah hal itu usahakan untuk membuatkan makanan untuk anak dirumah. Hal ini akan mencegah anak dari mengonsumsi jajanan yang mungkin saja berbahaya untuk kesehatan si anak. Buatlah makanan ringan yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan. Sesekali tanyakan juga pendapat anak, makanan apa yang ingin dibuatkan. Anda juga bisa mengajak si kecil untuk masak bersama agar lebih menyenangkan.

 

4. Memberi contoh kepada anak

Anak akan mencontoh apapun yang dilakukan orangtuanya. Ketika orangtua menasihati agar si anak jangan jajan sembarangan, maka orangtua juga harus mencontohkan hal yang sama. Ketika orang tua telah memberikan contoh yang baik, anak pun akan ikut baik dan tak jajan sembarangan. Selain orangtua, ajak semua anggota keluarga di rumah konsisten untuk tidak jajan sembarangan.

 

Selain memberi contoh yang baik, orangtua juga harus memberikan pengertian serta nasehat yang mudah dipahami oleh anak.Jika si anak masih ingin jajan sembarangan saat melihat temannya, alihkan perhatian si anak dengan mengajaknya ke tempat yang menyediakan makanan sehat untuk anak.

 

 

Anda memiliki kisah unik dan inspiratif? Atau tips berguna untuk pembaca? Kirimkan kisah Anda ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  Akan ada bingkisan kecil yang menarik untuk kisah yang terpilih dan dimuat.

 

 

Berlangganan Newsletter

Bergabunglah dengan mailing list Gondola Ancol dan dapatkan berbagai info & penawaran spesial!