All for Joomla All for Webmasters

Kisahku / Tips

Menghindari Rasa Malas

Di suatu pagi suasana Mendung di selatan Jakarta. Nampak gerimis turun diluar jendela rumah Andi. Sudah pukul 6 pagi tapi Andi belum juga beranjak dari tempat tidurnya. Padahal pagi ini Andi ada janji dengan klien nya.

Kebiasaanya tidur terlalu larut malam membuatnya selalu terlambat untuk bangun di pagi hari. Tak jarang beberapa urusan yang harusnya selesai menjadi tertunda karena kemalasannya. 

Rasa malas memang terkadang muncul tiba-tiba. Penyebabnya bermacam-macam, dari yang memang disengaja atau karena faktor lain yang mempengaruhi kebiasaan tersebut. Jika dibiarkan, rasa malas akan menghambat produktivitas seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Sebelum rasa malas itu menguasai diri kita, ada baiknya mulai dari sekarang kita mencegahnya. Berikut beberapa cara agar kita terhindar dari kebiasaan buruk tersebut. 

 

1. Jangan Pernah Menunda

Jika ada sesuatu yang memang harus diselesaikan maka usahakan jangan pernah menunda untuk menyelesaikan hal tersebut sesegera mungkin. Karena semakin sering menunda pekerjaan justru akan membuat beban anda menjadi lebih berat.

 

2. Buat Sebuah Target

Ketika sebuah target sudah dibuat, Anda pasti akan berusaha mencapai target tersebut. Tetaplah fokus pada target tersebut, dan buatlah detlen. Selain itu, Anda juga harus menanamkan rasa percaya diri bahwa Anda mampu untuk menyelesaikan tugas tersebut sesuai waktu yang ditentukan. Dengan target tersebut Anda pasti akan lebih bersemangat dan giat dalam melakukan suatu hal.

 

3. Biasakan Berolah Raga dan Terapkan Pola Hidup Sehat

Salah satu penyebab rasa malas adalah kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah sehingga tidak bersemangat dalam melakukan setiap kegiatan. Mengatasi hal tersebut adalah dengan rajin berolah raga yang teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Bisa dimulai dengan olah raga yang ringan, misalnya push up setelah bangun pagi, atau sekedar jogging selama kurang lebih 30 menit setiap minggu. 

 

4. Buat Jadwal Kegiatan

Catat apa saja yang akan Anda lakukan mulai bangun tidur hingga menjelang istirahat malam. Dengan mencatat, semua kegiatan Anda akan lebih terususun dan tentu saja Anda harus berusaha melakukan apa yang ada di daftar dengan baik dan cepat agar semua daftar selesai sesuai jadwal. 

 

5. Berikan Penghargaan Terhadap Hasil yang Anda Capai

Tidak ada salahnya menghadiahi diri sendiri atas sebuah pencapaian. Tidak perlu sesuatu yang mahal atau mewah. Karema Karena dengan menghadiahi diri sendiri secara psikologis Anda akan terpicu untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi, sehingga rasa malas yang biasanya muncul lambat laun akan berkurang. 

Hal itu juga sebagai motivasi agar tubuh dan pikiran melakukan perlawanan terhadap rasa malas yang kerap datang. 

Usahakan untuk memotivasi diri anda sendiri, tanamkan pada diri anda bahwa anda bukanlah orang yang malas dan malas itu akan merusak banyak hal yang ada pada diri anda. Dengan melakukan motivasi ini maka tubuh anda akan secara otomatis akan memberikan perlawanan jika anda mulai melakukan hal yang bersifat malas.

 

7. Hindari Tempat Tidur dan Sofa

Usahakan agar tidak mendekati tempat tidur atau sofa saat melakukan sebuah kegiatan. Karena bila Anda melakukan hal tersebut, tubuh akan tersugesti untuk bermalas-malasan di tempat tidur ataupun sofa tersebut. Biasanya Anda akan kesulitan untuk melawan sugesti tersebut. Maka, sebelum waktu istirahat datang, sebaiknya Anda menghindari tempat tidur atau sofa. 

Berlangganan Newsletter

Bergabunglah dengan mailing list Gondola Ancol dan dapatkan berbagai info & penawaran spesial!