All for Joomla All for Webmasters

Peristiwa

Kereta Gantung Beratap Terbuka di Swiss

Stanserhorn adalah sebuah gunung di Swiss, terletak di Nidwalden dekat perbatasan Obwalden.  Dengan puncak tertinggi 1.898 meter (6.227 kaki) di atas permukaan laut, Stanserhorn menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di negara tersebut. 

Untuk menikmati pemandangan indah di sekitar puncak Gunung Stanserhorn itu, Swiss meluncurkan sebuah  kereta gantung bertingkat yang diberi nama Cabrio. Swiss menjadi negara kesekian yang memiliki kereta gantung bertingkat setelah kereta gantung Express Venoise di Ngarai Ponturin, Perancis dan Ropeway Shinhotaka di Gunung Hotaka, Jepang. 

Namun, ada yang istimewa dari kereta gantung gunung Stanserhorn jika dibandingkan dengan kedua kereta gantung tersebut. Jika dua kereta gantung bertingkat di Perancis dan Jepang memiliki atap, Cabrio tidak memiliki atap. Bagian atasnya benar-benar dibuat terbuka. Ini menjadi sensasi yang luar biasa karena pengunjung bisa langsung melihat langit dan merasakan udara di sekitar ketinggian.

Kapasitas kereta gantung Stanserhorn cukup besar. Sekali jalan mampu membawa sekitar 60 orang sekaligus. 30 Orang di bagian bawah dan 30 lagi di bagian atasnya. Padahal, trek yang dilalui cukup terjal, yaitu menanjak ke ketinggian 1.900 mdpl.

Perjalanan dimulai dari Desa Stans. Pengunjung bisa menggunakan mobil atau kereta api dengan jarak tempuh sekitar15 menit dari pusat Kota Lucerne. Untuk menuju ke stasiun kereta gantung Stanserhorn yang berada di ketinggian 711 meter, pengunjung bisa menaiki kereta gantung tua yang digerakkan dengan kayu dan besi. Kereta gantung pengangkut ini merupakan yang tertua di Swiss. 

Suasana modern akan terasa begitu pengunjung memasuki area stasiun milik Cabrio. Meskipun selalu dipadati wisatawan, dengan daya angkut yang cukup besar membuat pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama. 

Pengunjung akan dibawa melintasi jalur sepanjang 2,3 km. Pengunjung yang memilih duduk di atas atap terbuka harus memiliki nyali yang cukup kuat karena akan menghadapi tiupan angin  kencang. Hal ini karena kereta gantung Stanserhorn berjalan cukup cepat, yakni 8 meter per detik. Bagi pengunjung yang berada di dek bawah, tetap dapat menikmati pemandangan gunung melalui dinding yang dilapisi oleh kaca yang jernih.

Berlangganan Newsletter

Bergabunglah dengan mailing list Gondola Ancol dan dapatkan berbagai info & penawaran spesial!