All for Joomla All for Webmasters

Peristiwa

Kereta Super Cepat Bawah Laut Pertama di Dunia

Jepang memiliki Shinkansen, yaitu jalur kereta api super cepat di dunia. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.

Jalur kereta Shinkansen dibuka pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo.  Pada tanggal 13 Juli 1967, tepatnya 3 tahun sejak jalur kereta ini dibuka, Shinkansen telah sukses melayani 100 juta penumpang dan melayani satu miliar penumpang pada 1976. Itulah sebabnya mengapa Shinkansen sangat dikenal.

Setelah sukses di negaranya sendiri, Jepang akan membangun kereta jalur cepat terbarunya di negara India. Namun, kali ini bukan cuma kereta cepat biasa karena jalur terbarunya ini akan melalui bawah laut alias under water. 

Agensi The Japan International Coorporation mengatakan akan membangun jalur Shinkansen  yang menghubungkan antara Mumbai menuju Ahmedabad dengan trek sepanjang lebih dari 50 Km. Jalur bawah laut ini akan melintasi Sungai Thane yang terkenal di India menuju Virar. Kereta super cepat tersebut akan melintas di dalam sebuah koridor atau terowongan yang dibangun di dalam laut. Menurut rencana, terowongan tersebut akan dibuat transparan sehingga penumpang dapat melihat keindahan biota di bawah laut. Ini tentu saja sangat istimewa, melansir laman TravelAndLeisure, pengunjung akan dibuat terpukau dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Dengan kecepatan maksimum 350 km/jam, jarak sejauh 50 km itu akan ditempuh via bawah laut hanya selama 2,5  jam. Rute tercepat via kereta darat  selama ini ditempuh selama 7 jam. Jadi bisa bayangkan akan melesat seperti apa kereta peluru ini di bawah laut. Proyek kereta super cepat ini akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.  

 

Berlangganan Newsletter

Bergabunglah dengan mailing list Gondola Ancol dan dapatkan berbagai info & penawaran spesial!